Kamis, 03 Mei 2012

Pengaruh Budaya Asing Terhadap Masyarakat

Pengaruh Kebudayaan Barat TerhadapKebudayaan Indonesia
Apa itu kebudayaan barat? Apa pengaruhnya terhadap kebudayaan Indonesia? Wah inimerupakan sesuatu yang sulit dijelaskan secara singkat. Ini seharusnya bisa menjadi sebuahdisertasi, sebuah karya ilmiah di atas skripsi bahkan tesis sekali pun. Apa yang menyebabkan judul Pengaruh Kebudayaan Barat Terhadap Kebudayaan Indonesia ini sangat sulit dijelaskansecara singkat? Yuk, saya jelaskan dengan bahasa yang mudah.Pertama-tama perlu diperjelas apa itu kebudayaan barat.
Selama ini jika kita mendengar, melihat,atau membaca tentang sesuatu yang kebarat-baratan, pasti
kita cenderung berpikir bahwakebudayaan barat adalah kebudayaan yang terdapat di negara sejenis Amerika, Eropa, atau lebihtepat lagi bangsa Aria atau Arya
Pertanyaan dasar saya kemukakan, mana barat dan timur jikadilihat dari Negara Eropa atau Amerika? Yak tepat sekali barat darinya adalah Asia dan timurnyaadalah Afrika dan Asia Tengah. Tetapi jika dipandang dari sudut Asia, sebelah barat adalah Eropa,dan timur adalah Amerika. Lalu bagaimana ini!? x( Prinsip yang harus dipertahankan adalah bahwa Alam semesta tidak pernah memiliki konsep arah barat, timur, utara, dan selatan
. Nah, dengan ini apabila ada pertanyaan atau pernyataan berkaitan dengan kebudayaan barat,haruslah orang bertanya dahulu“barat mana yang anda maksud?”.
Meski pun mata kuliah diFakultas Filsafat UGM ada mata kuliah Filsafat Barat Pra-Modern, Filsafat Barat Modern, danFilsafat Barat Kontemporer, tetap saja saya kurang sreg dengan penggunaan kata “Barat”. Sayasebenarnya tahu apa itu konsep tentang kebudayaan barat di mata umum, ya seperti yang telahsaya sebutkan di atas, tetapi tetap saja istilah ini kurang tepat. Coba saja anda bertanya apakah benar bahwa barat itu benar-benar hanya ditinggali bangsa Arya? Bagaimana konsep arah mata anginditinjau dari lokasi tempat orang berada? Wah tentu akan pusing! Akan lebih mudah jika anda
langsung menyebut Negara atau Apa yang budaya apa yang mempengaruhi sesuatu. Misalnya, wah saya terkena pengaruh kebudayaan Amerika. Jelas kan? Kebudayaan yang dimaksudadalah Kebudayaan Amerika. Sebenarnya sih, orang lebih suka menyebut kebudayaan barat atauwestern culture atau westernisme dan orang pun mengerti maksudnya, tetapi sebagai orang yang berkecimpung dalam bidang akademis saya wajib memberitahukan dan mengemukakan informasi ini.
Penting atau tidak pentingnya terletak dalam bidang akademis, coba saja jika anda dalam studiS2 atau S3 lalu dalam tesis atau disertasi anda sebutkan istilah “kebudayaan barat” saya jamin andaakan ditanya apa itu “kebudayaan barat” pada ujian karya anda.Tujuan dari tulisan ini adalah mengungkap bahwa apa yang anda ketahui barulah kulit luarnya sajadan masih perlu banyak belajar. Begitu juga dengan saya, saya harap banyak orang yang kritis danmembantah tulisan saya dengan bahasa yang jelas dan tentunya dengan pemikiran yang rasional.Setuju atau tidak yang penting anda paham maksud saya, dengan ini barulah anda bisa mengajukansaran, kritik, atau bahkan dukungan. Inilah yang dikejar dalam bidang akademik.
Pengaruh Kebudayaan Asing Terhadap Generasi Muda
Inilah hal yang dapat kita pertanggung jawabkan mengenai pengaruh budaya asing yang masuk keIndonesia. Mengapa kita harus selalu mengikuti jalur yang seperti ini apakah budaya asing dapatmemberikan solusi tentang perbaikan jati diri setiap manusia khususnya siswa yang duduk di bangkusekolah. Karakter manusia itu berbeda-beda karena ini semua tergantung oleh sifat dan watak perilakunyamasing-masing. Pada dasarnya dalam menyikapi tentang persoalan yang demikian ini kita justru cenderung pada bagaimana upaya penanggulangannya agar supaya jati diri kita sebagai manusia yang sejati tidakrusak. Fenomena alam sudah terlihat adanya musibah dimana-mana dari sinilah kita menginstropeksi diritentang apa kesalahan kita karena dari sini kita dapat menggali dalam dalam bahwa sebenarnya yang patutdisalahkan itu pihak asing ataukah kita sendiri.
Insight terhadap anak didik khususnya remaja yangcenderung melakukan tindakan anarkhis dengan jalan kekerasan lewat cara entah itu tawuran,perkelahianperkosaan sampai berujung kriminal.Inilah remaja yang sukanya seenaknya sendiri apakah kita harus mencontoh mereka juga. Dalam hal inisudah diupayakan lewat jalan observasi di sekolah-sekolah yang intinya juga sama dimanapun sekolah yangterfavorit ataupun yang biasa juga melakukan tindakan kekerasan. Generasi muda menjadi mlempem, atauseperti hewan undur-undur yang jalannya mundur yang artinya dia jika berhadapan dengan orang jujur tidakmau jujur sehingga mampu menutupi kebohongannya. Jaman ini semakin berubah sampai berubahnya tidakmampu untuk bisa mengontrol mengenai manusia yang tinggal dibumi ini. Sebenarnya bumi langit adalahtitipan dari yang maha kuasa tanpa tuhan menciptakan bumi langit dan isi-isinya kita tidak mungkin bisahidup
PERILAKU MASYARAKAT DALAMPERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI ERAGLOBAL
Perubahan yang terjadi dalam masyarakat merupakan perubahan yang nomal. Pengaruhnyatersebar secara cepat ke dalam kehidupan masyarakat. Bahkan perubahan yang terjadi di suatutempat di belahan bumi satu bisa memengaruhi tempat di belahan bumi yang lain. Perubahan yangterjadi akan semakin berkembang seiring berkembangnya kehidupan masyarakat di era modernisasidan globalisasi ini. Perubahan itulah yang memengaruhi perilaku masyarakat dalam kehidupan.Gambar di atas merupakan contoh modernisasi di bidang transportasi, khususnya transportasi darat.
A Modernisasi dan Globalisasi
Di era modernisasi dan globalisasi bangsa-bangsa di dunia tidak dapat menutup diri dari pergaulandengan bangsa-bangsa lain. Pergaulan itu membawa pengaruh bagi bangsa yang berinteraksi.
1. Pengertian Modernisasi
Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yangtradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern.Pengertian modernisasi berdasar pendapat para ahli adalah sebagai berikut.
a. Widjojo Nitisastro,
modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yangtradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
b. Soerjono Soekanto
, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yangdidasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalam bukuSosiologi: suatu pengantar) Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modernmencakup pengertian sebagai berikut.
1. Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
2. Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup dalam masyarakat.
c. Soerjono Soekanto
mengemukakan bahwa sebuah modernisasi memiliki syarat-syarat tertentu,yaitu sebagai berikut.
a. Cara berpikir yang ilmiah yang berlembaga dalam kelas penguasa ataupun masyarakat.
b. Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.
c. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.
d. Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
e. Tingkat organisasi yang tinggi yang di satu pihak berarti disiplin, sedangkan di lain pihak berarti pengurangan kemerdekaan.
f. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial.
2. Pengertian Globalisasi
Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasisecara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanyakemajuan di bidang komunikasi dunia. Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.
Globalisasi terjadi karena faktor-faktor nilai budaya luar, seperti:
a. selalu meningkatkan pengetahuan; f. etos kerja;
b. patuh hukum; g. kemampuan memprediksi;
c. kemandirian h. produktivitas;
d. keterbukaan; i. keberanian bersaing; dan
e. rasionalisasi; j. manajemen resiko.
Globalisasi terjadi melalui berbagai saluran, di antaranya:
a. lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan;
b. lembaga keagamaan;
c. indutri internasional dan lembaga perdagangan;
d. wisata mancanegara;
e. saluran komunikasi dan telekomunikasi internasional;
f. lembaga internasional yang mengatur peraturan internasional; dan
g. lembaga kenegaraan seperti hubungan diplomatik dan konsuler.
Globalisasi berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan masyarakat. Ada masyarakat yangdapat menerima adanya globalisasi, seperti generasi muda, penduduk dengan status sosial yangtinggi, dan masyarakat kota. Namun, ada pula masyarakat yang sulit menerima atau bahkanmenolak globalisasi seperti masyarakat di daerah terpencil, generasi tua yang kehidupannyastagnan, dan masyarakat yang belum siap baik fisik maupun mental.
Unsur globalisasi yang sukar diterima masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Teknologi yang rumit dan mahal.
b. Unsur budaya luar yang bersifat ideologi dan religi.
c. Unsur budaya yang sukar disesuaikan dengan kondisi masyarakat.
Unsur globalisasi yang mudah diterima masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Unsur yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat.
b. Teknologi tepat guna, teknologi yang langsung dapat diterima oleh masyarakat.
c. Pendidikan formal di sekolah.
Modernisasi dan globalisasi membawa dampak positif ataupun negatif terhadap perubahan Sosialdan budaya suatu masyarakat.Unsur globalisasi yang mudah diterima masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Unsur yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat.
b. Teknologi tepat guna, teknologi yang langsung dapat diterima oleh masyarakat.
c. Pendidikan formal di sekolah.
B Dampak Modernisasi dan Globalisasi terhadap PerubahanSosial dan Budaya
1. Dampak Positif
Dampak positif modernisasi dan globalisasi tersebut sebagai berikut.
a. Perubahan Tata Nilai dan Sikap
Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikapmasyarakat yang semua irasional menjadi rasional.
b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
c. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggihmerupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
2. Dampak Negatif
Dampak negatif modernisasi dan globalisasi adalah sebagai berikut.
a. Pola Hidup Konsumtif
Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah.Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yangada.
b. Sikap Individualistik
Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagimembutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalahmakhluk sosial.
c. Gaya Hidup Kebarat-baratan
Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulaimenggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja,dan lain-lain.
d. Kesenjangan Sosial
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arusmodernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu denganindividu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial. 
sumber :  http://www.scribd.com/doc/33475450/Pengaruh-Kebudayaan-Barat-Terhadap-Kebudayaan-Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar